Memulai Bisnis Online dengan Menjadi Affiliate Marketing

Marketing50 Dilihat
banner 468x60

Memulai Bisnis Online dengan Menjadi Affiliate Marketing – Affiliate marketing atau afiliasi pemasaran merupakan salah satu model bisnis online yang cukup populer.

Banyak para pelaku bisnis online menyarankan kepada pemula untuk terjun di dunia affiliate marketing, dengan alasan lebih mudah dilakukan dan cepat menghasilkan dibanding dengan model bisnis online lainnya.

banner 336x280

Secara definisi, affiliate marketing adalah sebuah proses pemasaran di internet untuk menjualkan produk-produk milik orang lain.

Jika nanti terjadi penjualan dari usaha marketing tersebut maka affiliate marketer tersebut (orang yang menjalankan bisnis affiliate) akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh pemilik produk atau merchant.

Secara sederhana, affiliate marketing di dunia nyata biasa disebut sebagai makelar atau perantara. Jika di dunia nyata seorang makelar biasa mendapatkan komisi 1% – 10%.

Dalam dunia bisnis internet seorang “makelar online” atau affiliate marketer biasa mendapatkan komisi rata-rata 25% – 80% dari setiap produk informasi yang berhasil di jual.

Selain itu cakupan pasar affiliate marketer jauh lebih luas dibandingkan dengan makelar konvensional serta tentu saja peluang dan potensi penghasilan dari “makelar online” ini jauh lebih besar.

Affiliate network adalah sebuah badan yang mengumpulkan berbagai macam produk untuk dipromosikan. Dua nama affiliate network yang memiliki kredibilitas tinggi dan menjadi favorit para internet marketer adalah Clickbank dan Amazon.

Clickbank adalah affiliate network yang lebih banyak menjual barang intangible, komisi yang didapat bisa mencapai 75% dari harga produk yang terjual.

Adapun Amazon lebih banyak menjual produk tangible, komisi yang didapat bisa mencapai 15% dari harga produk yang terjual.

Jika dilihat jumlah presentasenya memang lebih sedikit dari Clickbank, tetapi harga produk yang dijual oleh Amazon cenderung lebih bervariasi dan bisa mencapai ribuan dollar.

Anda bebas memilih menjadi affiliate apa saja, tetapi kebanyakan internet marketer jauh lebih memilih Clickbank.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis internet dengan Affiliate Marketing, semuanya terserah Anda bagaimana Anda ingin memulainya dan bagaimana Anda memasarkannya.

Ada Beberapa Cara memulai bisnis online dengan Affiliate Marketing adalah :

1. Menggunakan Email Tanpa Website

Anda memasarkan program affiliate hanya menggunakan email Anda untuk mengirimkan email yang berisi promosi Program Affiliate yang Anda ikuti, tentunya link yang Anda sertakan adalah link Affiliate Anda.

2. Menggunakan Blog

Anda bisa membuat Blog sebagai basis tempat Anda mempromosikan Program Affiliate, seperti menggunakan layanan blog di blogger.com.

3. Menggunakan Website yang Gratis

Anda juga bisa menggunakan layanan website yang gratis sebagai basis tempat Anda mempromosikan Program Affliate, seperti cjb.net

4. Menggunakan Website Sendiri

Bila Anda benar-benar ingin serius memulai bisnis internet, sangat disarankan memiliki website sendiri untuk memulai bisnis Affiliate Marketing Anda. Karena akan terlihat lebih kredibel dan memiliki full control atas website Anda.

Karena biasanya bila menggunakan website yang gratis, halaman website Anda akan terpasang secara otomatis iklan promosi dari pemilik layanan penyedia website yang gratis tersebut atau bila layanan penyedia website yang gratis tersebut tidak ada lagi, maka website Anda akan hilang, dan Anda harus memulai lagi dari awal proses pembuatan websitenya.

Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer

  • Gunakan PPC Advertisement
  • Gunakan Review
  • Cari Program Affiliate dari Internet Marketer yang memiliki kredibilitas didunia per-“online”nan
  • Program Affiliate harus memiliki produk yang banyak dicari orang atau produk baru yang “niche”
  • Cari program affiliate yang membayar komisi min 50% dari total sales yang bisa kita lakukan
  • Cari program affiliate yang memiliki support baik secara tool promosi maupun after sales
  • Affiliate Farming

Demikian info tentang Memulai Bisnis Online dengan Menjadi Affiliate Marketing semoga bermanfaat.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *