Pengertian Bisnis : Penjelasan Stakeholder Beserta Fungsi dan Jenisnya

Berita, Bisnis197 Dilihat
banner 468x60

Jika kamu sedang menambah wawasanmu tentang pengertian bisnis maka kamu sudah berada diartikel yang tepat. Diartikel ini akan kami sajikan hal-hal yang terkait dengan stakeholder didalam bunia bisnis, untuk itu simak sampai selesai ya.

Didalam bisnis atau perusahan kita akan sering menemukan istilah stakholder yang artinya suatu individu, kelompok atau lembaga formal maupun nonformal, yang memiliki kekuasaan dalam suatu bisnis atau perusahaan.

banner 336x280

Karena peranannya yang sangat penting didalam perusahaan maka stakeholder dapat merubah tatanan yang ada. Artinya kekuatan stakehorder sangat berpeengaruh dalam bisnis atau perusahaan.

Stakeholder sendiri dimasa lalu dimaknai suatu lembaga yang terlibat didalam dan luar perusahaan untuk menentukan masa depan perusahaan.

Berikut penjelasan dari para ahli tentang Stakeholder dalam dunia bisnis :

➤ Wibisono

Wibisono mempunya pendapat kalau stakeholder adalah invidu, kelompok, lembaga pemerintah atau swasta, golongan yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi eksistensi jalannya perusahaan.

➤ Freeman

Freeman berpendapat jika stakeholder merupakan suatu pihak yang saling mempengaruhi satu sama lain untuk tujuan tercapainya visi misi perusahaan.

Secara singkat, stakeholder adalah mereka yang terkait dengan kepentingan suatu perusahaan.

Apa Peran Stakeholder Dalam Bisnis

➧ Owner

Owner adalah orang yang mempunya gagasan dan mewujudkannya usaha serta dengan modal keuangan sendiri. Mereka ini adalah ide pokok berdirinya suatu perusahaan.

➧ Pegawai

Pegawai atau karyawan adalah orang yang mempunya tugas mengurus segala keperluan perusahaan, mulai dari hal terkecil sampai hal yang harus dilakukan oleh seorang ahli. Menentukan kualitas perusahaan juga bisa dilihat seberapa kualitas pegawainya, maka dari itu ada yang menggunakan tes tertentu ketika akan memasuki perusahaan.

➧ Creditor

Lembaga keuangan yang mempunyai tugas memberikan pinjaman kepada perusahaan dengan jangka waktu tertentu yang harus dikembalikan pada saatnya jatuh tempo. Untuk mendapatkan pinjaman dari creditor biasanya lembaga ini memberikan syarat-syarat tertentu tau membuat kesepakatan khusus dapat mencairkan pinjaman.

➧ Suppliers

Mitra bisnis dari perusahaan dalam hal pengadaan bahan-bahan kebutuhan perusahaan dinamkan dengan supliers. Biasanya diawal berdirinya perusahaan sudah mempunyai kesepakatan dengan para supliers, kesepakatan itu bisa terdiri dari kontrak-kontrak kerja sama agar kebutuhan perusahaan bisa terjamin ketersediaannya.

➧ Customer

Dalam dunia bisnis atau yang berhubungan dengan jual beli istilah pelanggan adalah raja juga berlakuk disini. Disini kepuasan Customer juga menjadi tolak ukur dari kualitas produk yang dihasilkan suatu bisnis.

Semakin puas seorang pelanggan akan semakin baik pula kualitas produk suatu perusahaan.

➧  Lawan Bisnis

Persaingan merupakan hal yang baik jika diimbangi dengan perbaikan kuwalitas produksi, namun akan menjadi petaka jika lawan bisnis didiamkan begitu saja. Fungsi stakeholder ini adalah untuk merangsang perusahaan terus memperbaiki diri guna memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya.

➧  Lembaga Pemerintah

Perusahaan sekecil apapun sebaiknya mendapat izin dari pemerintah agar usaha yang dijalankan aman. Artinya jika ada problem ditengah jalan dalam hal yang berkaitan dengan bisnis maka ada campur tangan pemerintah untuk dimintai bantuan.

Jenis-jenis Stakeholder Didalam Bisnis

Perlu diketahui bahwa jenis stakeholder dalam bisnis dipengaruhi oleh beberapa kepentingan yang terkait didalamnya. Semakin kuat kepentingan yang ada maka akan semakin berpengaruh didalam penentuan kebijakan suatu perusahaan.

Berikut jenis-jenis stakeholder yang umum diketahui

1. Stakeholder Primer

Stakeholder primer adalah jenis stakeholder yang peranannya sangat penting karena menyangkut dengan kebijakan yang terjadi didalam perusahaan. Adapaun stakeholder primer terdiri dari : masyarakat, tokoh publik, pemangku adat, manajer publik.

2. Stakeholder Sekunder

Stakeholder sekunder adalah stakeholder yang tidak terlalu mempunya keterkaitan dengan perusahaan namun mereka memiliki rasa tanggungjawab terhadap berdirinya perusahaan. Untuk stakeholder jenis ini yaitu lembaga pemerintah terkait, para pecinta lingkungan atau masyarakat yang terkena dampak dengan adanya perusahaan tersebut dan kaum intelektual seperti mahasiswa atau perguruan tinggi.

3. Stakeholder Kunci

Stakeholder kunci adalah stakeholder yang mempunyai wewenang resmi dan khusus didalam mengambil keputusan perusahaan. Mereka adalah Pemkab, DPRD, dan dinas terkait yang berhubungan langsung dengan perusahaann.

Fungsi Stakeholder Didalam Bisnis Secara Ringkas

Untuk lebih paham mengenai apaitu stakeholder kami akan berikan penjelasan secara singkat tentang fungsi stakeholder

➤ Mempunyai tanggung jawab sosial diperushaan

➤ Pemandu jalannya perusahaan

➤ Pengambil keputusan

➤ Penyedian keuangan perusahaan

Demikian tadi penjelasan lengkap mengenai apaitu stakeholder, jenis dan fungsinya. Semoga artikel ini membantu anda didalam menambah wawasan tentang dunia bisnis.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *