Pentingnya Membuat Rencana Bisnis Online

Bisnis176 Dilihat
banner 468x60

Pentingnya Membuat Rencana Bisnis Online – Rencana bisnis (business plan) sangat menentukan Anda berhasil atau tidaknya dalam sebuah bisnis. Selayaknya bisnis konvensional, rencana bisnis yang dilakukan secara online perlu menyusun sebuah strategi khusus agar Anda tidak membuang-buang waktu Anda dan menghasilkan pendapatan yang Anda inginkan.

Hal ini bersumber dari sebuah fakta bahwa 90 persen orang yang memulai bisnis di internet tidak membuat rencana sama sekali. Oleh karena itu, 90 persen lebih orang telah gagal dalam membangun sebuah bisnis online.

banner 336x280

Membuat rencana bisnis dapat diibaratkan Anda membuat sebuah peta atau sebuah konsep perjalanan untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Saat itulah, Anda akan memulai darimana Anda memulai perjalanan, melewati daerah mana sajakah Anda dan akan berakhir di mana perjalanan Anda.

Di samping itu, Anda akan berpikir untuk mencari alternatif-alternatif perjalanan jika menemukan sebuah halangan atau hambatan.

Ketika Anda sudah memiliki peta konsep tersebut, Anda akan lebih jelas mengetahui dan mengambil setiap keputusan dan Anda memiliki pendirian teguh bahwa keyakinan Anda adalah ketika Anda berada pada rute perjalanan yang benar, Anda akan mencapai tempat yang Anda inginkan.

Rencana bisnis yang Anda lakukan sebenarnya cukup sederhana dalam artian tidak perlu terlalu kompleks. Apa pun model bisnis yang ingin Anda lakukan, baik itu menjual produk secara fisik yaitu dengan membuat toko online, menjual ebook, melakukan affiliate marketing atau membuat blog untuk contextual advertising, point-point penting yang perlu dibuat dalam rencana bisnis tetap kurang lebih sama.

Adapun secara global persiapan dalam rencana bisnis yang harus Anda susun ada 5 yaitu sebagai berikut :

  • Penjelasan mengenai bisnis Anda
  • Analisa Kompetitor
  • Strategi pemasaran dan analisa konsumen
  • Metode pembayaran dan pengiriman
  • Membuat sebuah website yang bagus

Penjelasan mengenai bisnis

Pada postingan kali ini hanya akan dibahas poin pertama saja. Untuk langkah awal rencana bisnis, Anda harus membuat sebuah ringkasan dari bisnis Anda.

Apakah Anda ingin memiliki sebuah toko online yang menjual berbagai produk atau melakukan affiliate marketing dan bahkan Anda akan bermain di forex.

Anda pun harus menuliskan darimana berbagai penghasilan dari bisnis online Anda dan target pasar yang ingin dicapai. Pendefinisian bisnis merupakan sebuah hal penting dalam memulai sebuah bisnis online. Saat ini Anda harus memilih bisnis apa yang ingin Anda lakukan.

Misalnya Anda ingin membuka sebuah toko online dengan produk-produk yang Anda miliki. Anda dapat membuat sebuah summary sebagai berikut :

  • Toko online yang menjual peralatan panjat tebing dengan target pasar di Indonesia untuk kalangan pecinta alam, pemanjat tebing dan orang-orang yang hobi dalam melakukan panjat tebing, baik pria atau wanita dewasa.
  • Peralatan panjat tebing di impor dari luar negeri yang memiliki kualitas baik untuk kepuasan pelanggan. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara googling untuk menemukan produk terbaik.
  • Profit margin yang dihasilkan harus mencapai 30 persen untuk setiap item.
  • Goal atau visi ke depan adalah menjadikan website menjadi website penjual peralatan panjat tebing online nomor satu di Indonesia.
  • Tuliskan berbagai keuntungan yang dimiliki oleh setiap pelanggan yang Anda miliki, apakah diskon dari setiap item, hadiah yang diberikan atau misalnya update barang terbaru dari peralatan panjat tebing yang Anda kirim lewat email.
  • Tuliskan pula berbagai keuntungan sponsor yang ingin ikut membantu dalam website Anda, misalnya dengan membayar PPC, PTC, PPL dan lain-lain.
  • Tuliskan setiap keunikan produk atau jasa yang Anda miliki.

Dengan memiliki sebuah summary dari bisnis seperti di atas, sampai di sini pun Anda sudah mendapat sebuah pencerahan mengenai bisnis apa yang ingin Anda capai dan menghasilkan profit yang optimal.

Demikian info tentang Pentingnya Membuat Rencana Bisnis Online semoga bermanfaat.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *