Plus Minus Bisnis Keluarga

Berita, Bisnis186 Dilihat
banner 468x60

Plus Minus Bisnis Keluarga

Harus diakui, bisnis keluarga adalah cikal bakal berdirinya perusahaan skala menengah dan besar, bukan saja di Indonesia, tetapi juga di dunia. Apa saja kelebihan dan kekurangan mengelola usaha keluarga, dan bagaimana kiat untuk mengoptimalkan perusahaan keluarga agar mampu berkembang dan sukses dalam percaturan bisnis di masa depan.

Berikut adalah kelemahan dan kekuatannya yang dinukil dari berbagai sumber.

banner 336x280

Kelemahan usaha keluarga diantaranya adalah : sulitnya manajemen usaha karena faktor kekeluargaan yang melekat pada masing-masing individu keluarga dengan tugas-tugas yang sudah diberikan.

Terkadang penempatan personil perusahaan tidak sesuai dengan kemampuan, biasanya asal tunjuk untuk memangku tanggungjawab yang diberikan tanpa mengukur kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

Perusahaan keluarga seringnya terjadi dan terlibat dalam berbagai konflik kepentingan. Bisnis keluarga yang dijalankan oleh anggota keluarga dan merekrut orang lain untuk ikut membantu usahanya jika terjadi masalah atau konflik dalam bisnis, maka umumnya yang disalahkan adalah adalah orang lain, namun jika yang menjadi masalah adalah anggota keluarga sendiri, maka kedua belah pihak biasanya saling tuduh.

Perusahaan keluarga juga sulit mengalami kesulitan dalam mendelagasikan tugas-tugas dengan baik karena banyak aturan dan ketentuan yang dilanggar sendiri oleh anggota keluarganya, misalnya ketentuan jam kerja, ketentuan tentang peraturan perusahaan dan lain-lain.

Meski ada banyak kelemahan dan kekurangan, namun usaha keluarga juga memiliki sisi positif yang patut dijadikan nilai tambah bagi perusahaan, yaitu jika usaha yang dijalankan oleh keluarga mengalami masalah atau memiliki keinginan untuk mengembangkan, maka anggota keluarga tersebut bebas melakukan tindakan untuk memperkecil masalah atau menggunakan berbagai macam cara untuk mengembangkan usahanya.

Risiko pengambil alihan usaha di perusahaan keluarga sangat kecil karena usaha yang dijalankan oleh keluarga sejak lama dapat diturunkan ke keturunannya untuk dikembangkan.

Orang lain yang ingin menduduki jabatan tertentu dalam perusahaan tersebut akan teridentifikasi lebih awal karena adanya komitmen keluarga untuk mewariskan usahanya kepada keturunannya.

Sebuah usaha yang sukses dikelola keluarga pasti akan terus dikelola dan dikembangkan oleh keluarga tersebut dan diturunkan kepada keluarganya agar tetap berkembang dan berkembang lagi di masa-masa mendatang.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *